Selasa, 25 Maret 2014

Konversi bilangan biner kedalam desimal


Kuiz Besar 1 no.5

Berikut adalah contoh bagaimana membuat program yang dapat membuat / mengkonversi bilangan biner menjadi bilangan desimal




penjelasanya adalah sebagai berikut:

Konversi bilangan biner kedalam bilangan desimal memiliki bebebrapa langkah. Yakni bit pertama akan dikalikan dengan 8, bit kedua akan dikalikan dengan 4, bit ketiga dikali 2, dan yang terakhir akan dikalikan dengan 1. Setelah itu bit 1 sampai yang ke empat akan ditotal dan menghasilkan bilangan desimal. Contohnya: bilangan 1011 akan dikonversi menjadi bilangan desimal maka langkah - langkahnya adalah:
1011 = ( 1 x 8 ) + ( 0 x 4 ) + ( 1 x 2 ) + ( 1 x 1 ) = 11.
Nah, untuk programnya sendiri kita memerlukan 6 variabel (lihat line 6) yaitu, a, b, c, d, e dan n. User akan menginputkan nilai dan akan ditaruh di variabel n, kemudian niali n akan dimasukan kedalam variabel a dan akan mengalami repetation while, dimana selama nilai a tidak sama dengan 0, maka program didalam while akan terus dijalankan. Didalam while dimulai dengan proses untuk mencari nilai b yang diperoleh dari a % 10, kemudian nilai c diperoleh dari nilai b * e, d diperoleh dari d * c, dan variabel a akan dibagi dengan 10 untuk medapat nilai baru, dilanjutkan e akan dikali dengan 2, karena prosesnya adalah (n * 8) + (n * 4) + (n * 2) + (n * 1), setelah itu kembali lagi ke bagian b, begitu seterusnya hingga diperoleh nilai d yang terakhir dan nilai a == 0, sehingga program keluar dari while dan akan menampilkan hasil d yang terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar