Selasa, 25 Maret 2014

Development Environment C

Kuiz Besar 1 no.1
 
Terdapat 6 fase untuk mengembangkan sebuah program didalam C. Fase tersebut antara lain adalah:

1. Edit
Pada fase ini Programer melakukan penulisan program yang diinginkanya dengan bantuan text editor untuk bahasa tertentu, pada kasus ini adalah editor bahasa C. Contoh editor sendiri berupa codeblocks, dev c++, notepad, dan lainya.

2. Praproses
Sebelum melakukan proses compiling, file yang ada akan dicek terlebih dahulu pada bagian bertanda # . Bagian inilah yang melakukan persiapan sebelum melakukan proses compiling, Contohnya seperti menyertakan file header untuk menyempurnakan file agar dapat di jalankan nantinya.

3. Compile
Pada fase ini, compiler melakukan proses penerjemahan bahasa C kedalam bahasa mesin ( berupa kode objek ). Selain itu mengecek apakah ada kesalahan sintaks yang mungkin terjadi, seperti kesalah ejaan penulisan, tanda baca dan sebagainya.

4. Link
Saat proses compiling berlangsung, terdapat proses linking, dimana linker akan memanggil fungsi yang terdapat pada library untuk melengkapi code objek yang ada sehingga menghasilkan file executeable image yang utuh. Dengan adanya library ini para programmer tidak lagi direpotkan untuk membuat sendiri fungsi - fungsi yang dibutuhkan.

5. Load
Load, adalah fase dimana executeable image akan disimpan terlebih dahulu di main memori sebelum dieksekusi
.
6. Execute
Setelah 5 fase tersebut , maka CPU siap untuk mengeksesusi program. Dalam pengeksekusian program biasanya terjadi error, yang disebabkan beberapa faktor, misalnya saja kesalah logika dimana suatu program menjalankan perintah pembagian variabel dengan angka 0, ini akan menyebabkan program menjadi error.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar