Minggu, 27 April 2014

Modul Fungsi - fungsi matematika dan fungsi secara umum

Rangkuman 5.2 - 5.3 - 5.4

Modul fungsi
Didalam C, suatu fungsi ada yang langsung  disediakan oleh library c untuk melakukan perhitungan matematika sederhana, seperti pemangkatan akar atau juga fungsi yang digunakan untuk melakuakan operasi input output. Dengan adanya fungsi - fungsi pada library tersebut memudahkan programmer agar tidak bersusah payah membuat kembali beberapa fungsi yang sering digunakan. Selain fungsi yang sudah disefiakan tersebut, ada juga fungsi yang secara khusus dibuat oleh programmer sendiri, dan kemudian mengkombinasikan dengan fungsi yang sudah ada. Sebuah fungsi membutuhkan pemanggil fungsi untuk menjalankan fungsi dan memberikan return / nilai balik (nilai balik adalah suatu nilai yang diberikan kepada si pemanggil fungsi ).

Fungsi Matematika pada Library
Didalam Library C terdapat fungsi yang dapat dipanggil untuk melakuakan beberapa operasi matematika seperti pemangkatan, pengakaran, dan sebagainya. Pemanggilan fungsi biasanya dilakukan dengan menuliskan nama fungsi diikuti dengan tanda kurung yang berisi argumen. Contohnya jika kita ingin melakukan operasi pengakaran pada suatu bilangan maka dapat dituliskan sebagai berikut:
printf ("%2.f", sqrt ( 900 ) ); contoh lainya adalah sebagai berikut:

a =13.0 , b = 4.0, c = 3.0
printf ("%2.f", sqrt (a + b * c) ); contoh disamping menunjukan bahwa operasi matematika didalam tanda kurung akan dilakukan terlebih dahulu, kemudian setelah itu barulah dilakukan pengakaran terhadap hasil didalam kurung tersebut. Berikut adalah daftar fungsi matematika lainya yang sudah disediakan di libarary


Fungsi secara umum
variabl yang di definisikan pada fungsi yang kita buat sendiri disebut dengan variabel lokal. Variabel ini hanya dikenali hanya di dalam fungsi yang mendifinisikanya. Fungsi memiliki suatu parameter yang dapat digunakan untuk komunikasi antara fungsi satu dengan fungsi yang lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar