Minggu, 13 April 2014

BAB 6.6 Sorting Array dan 6.7 Case Study: Computing Mean, Median and Mode Using Arrays

BAB 6.6 Sorting Array
Sorting data ( menempatkan data ke dalam urutan tertentu ) adalah salah satu aplikasi komputasi yang paling penting. Sebuah bank memilah semua cek melalui nomor rekening sehingga dapat mempersiapkan laporan bank pada setiap akhir bulan. Perusahaan-perusahaan telepon mengurutkan daftar akun mereka dengan nama terakhir dan nama pertama yang membuatnya mudah untuk menemukan nomor telepon. Sorting data merupakan sebuah masalah yang telah menarik beberapa upaya penelitian yang paling intens dalam bidang ilmu komputer. Dalam bab ini kita akan membahas skema pemilahan paling sederhana yang kita ketahui.

Pada gambar 6.15 dapat kita lihat macam nilai dalam elemen array 10 - elemen (baris 10) ke dalam urutan yang naik. Teknik yang kita gunakan disebut bubble sort atau sinking sort karena nilai-nilai yang lebih kecil secara bertahap "menggelembungkan" jalan mereka ke atas ke puncak array seperti gelembung udara naik dari dalam air, sedangkan nilai yang lebih besar tenggelam ke dasar dari array. Teknik ini untuk membuat beberapa nilai melewati array. Pada setiap tahap, tiap pasang elemen berturut dibandingkan. Jika pasangan berada dalam urutan yang meningkat (atau jika nilai-nilai yang identik), kita biarkan nilai itu ditempatnya. Jika pasangan dalam urutan menurun, nilai mereka ditukar dalam array.
Berikut contoh penulisan kodingnya :

Hasil kodingan :

BAB 6.7 Case Study: Computing Mean, Median and Mode Using Arrays
Pada bab ini kita akan membahas contoh yang lebih besar. Komputer biasanya digunakan untuk survei analisis data untuk mengkompilasi dan menganalisis hasil survei dan jajak pendapat. Gambar 6.16 menggunakan respon array yang diawali dengan 99 nilai untuk disurvei. Setiap respon dimulai dari nomor 1 sampai 9. Program ini menghitung mean, median dan modus dari nilai 99 .
Mean adalah rata-rata aritmatika dari 99 nilai. Fungsi mean (line 40) menghitung rata-rata dengan menjumlah 99 elemen dan membagi hasilnya dengan 99.
Median adalah "nilai tengah." Fungsi median (line 61) menentukan median dengan memanggil fungsi bubblesort (didefinisikan dalam baris 133) untuk mengurutkan array yang merespon terhadap perintah urutan, kemudian memilih elemen tengah, answer[ SIZE / 2 ], dari urutan array. Ketika ada elemen bilangan genap, median harus menghitung rata-rata dari dua elemen tengah. Fungsi median saat ini tidak memberikan kemampuan ini. Fungsi printArray (line 156 ) melakukan output respon array.
Modus adalah nilai yang paling sering terjadi di antara 99 tanggapan. Fungsi modus (line 82 ) menentukan modus dengan menghitung jumlah tanggapan dari masing-masing jenis, kemudian memilih nilai dengan jumlah terbesar. Versi dari fungsi modus tidak menangani hasil yang sama (lihat Latihan 6.14 ). Fungsi modus juga menghasilkan histogram untuk membantu dalam menentukan grafis modus. Gambar 6.17 berisi contoh menjalankan program ini. Contoh ini meliputi sebagian besar manipulasi umum yang biasanya diperlukan dalam masalah array, termasuk lewat array ke fungsi.
Berikut contoh penulisan kodingannya :

Hasil kodingan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar