Senin, 14 April 2014

Array

Bab 6.2-6.3
Pengertian Array

Array adalah data struktur yang merelasikan item data yang sama atau sejenis. Array dan struktur itu static, jadi tidak akan berubah selama program tereksekusi.

Sebuah array bertugas mengelompokkan item data/variabel yang bertipe sama dan bernama sama dan dapat secara individual dirujuk dengan menambahkan indeks pengenal unik. Misalnya, 10 tipe nilai integer dapat dideklarasikan sebagai sebuah array tanpa harus mendeklarasikan 10 variabel yang berbeda (masing-masing dengan identitas sendiri). Sebaliknya, menggunakan array, integer nilai 10 yang disimpan di lokasi memori yang berdekatan, dan semua dapat diakses menggunakan pengidentifikasi yang sama, dengan indeks yang benar. Array menempati ruang di memori. Anda tinggal tentukan jenis dari setiap elemen dan jumlah elemen yang dibutuhkan oleh setiap array sehingga komputer dapat menyisakan jumlah yang sesuai dengan kapasitas memori. Array juga bisa berisi jenis data lainnya. Sebagai contoh, array jenis char dapat digunakan untuk menyimpan karakter string. Value yang berada didalam [ ] dinamakan index.
Sayangnya array cuma bisa mengerti huruf abjad, angka dan underscore (_). Suatu array dimulai dari hitungan [0] (nol), yang disebut zeroth element. Kemudian baru elemen kedua [1] elemen ketiga [2] dst. Nama array tidak bisa dimulai dengan angka atau digit. Untuk contoh ada di post berikut: Klik Disini
Operator dalam Array :
Operator Asosiasi Fungsi/Tipe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar